Jumlah Pengunjung

Selasa, 18 Desember 2012

Proses Bisnis

Setiap  perusahaan  atau  organisasi  selalu  memiliki  proses  bisnis  yang dilakukan  untuk menghasilkan  dan mengelola  produk  atau  jasa  yang  ditawarkan kepada  pelanggan.  Proses  merupakan  kumpulan  dari  aktifitas  yang  bertujuan mengolah  masukan  menjadi  suatu  keluaran  yang  dibutuhkan.  Hasil  atau  output dari  suatu  proses  terkadang  dibutuhkan  oleh  proses-proses  yang  lain  untuk menghasilkan  output  yang  berbeda  dan  selanjutnya  secara  keseluruhan  proses-proses  tersebut  menghasilkan  output  yang  melayani  pihak  eksternal  yaitu pelanggan. Output inilah yang disebut dengan produk atau jasa.
Menurut BusinessDictionary.com,  proses  bisnis  (business  process)  adalah segala jenis proses pelayanan dan proses–proses yang mendukung proses produksi. Proses bisnis berisi kumpulan aktifitas (tasks) yang saling berhubungan satu sama lain untuk menghasilkan suatu keluaran yang mendukung pada tujuan dan sasaran strategis  dari  organisasi.  Secara  umum,  proses  bisnis  dapat  diilustrasikan  seperti
pada Gambar
Proses bisnis terbagi menjadi beberapa proses yaitu : 
  1. Proses bisnis inti/utama, yaitu proses yang diselenggarakan untuk melayani pelanggan pengguna produk atau jasa 
  2. Proses bisnis pendukung, yaitu proses yang diselenggarakan untuk melayani pelanggan internal (karyawan perusahaan) 
  3. Proses  bisnis  manajemen,  yaitu  proses  dimana  perusahaan  menyusun rencana, mengorganisasikan dan mengendalikan sumber daya yang ada. 
  4. Proses  network  bisnis,  yaitu  proses  yang  diselenggarakan  untuk  pemasok, pemberi pinjaman, investor, pemerintah ataupun masyarakat umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar